Amankah Ibu Hamil Senam Aerobik


Bagi Anda yang suka dengan kegiatan senam aerobic mungkin saat hamil cenderung ingin melakukannya juga. Namun amankah ibu hamil senam aerobik? Mengenai hal ini Anda sebaiknya jangan melakukannya dulu sebelum konsultasi dan mendapatkan jawaban mengenai kondisi kesehatan Anda dan janin dari dokter.

Menurut dr. Kevin Adrian pada artikel yang ada di situs alodokter.com (2018), jika sebelumnya telah terbiasa dengan senam aerobik, serta lebih cenderung memilih melakukan senam ini dari pada senam hamil biasa, maka perlu lakukan modifikasi untuk jangan melakukan gerakan lompatan, tendangan, dan juga gerakan lain yang mana berisiko pada kehamilan Anda. Berikut ada beberapa tips melakukan senam aerobik.

Trimester Pertama

Sebelum Anda mulai untuk melakukan senam hamil, sebaiknya lakukan konsultasi dulu bersama dokter kandungan agar Anda bisa tahu kondisi kesehatan dari janin secara keseluruhan. Apabila telah ada kepastian jika kesehatan Ibu serta janin dalam kondisi yang baik, maka bisa mencoba senam aerobik.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil

Sebaiknya Anda gunakan pakaian berlapis namun menyerap keringat agar tetap merasa nyaman dan tidak gerah. Ketika intensitas dari gerakan meningkat serta tubuh semakin terasa panas, maka Anda dapat membuka lapisan pakaian luar agar rasa gerah bisa berkurang.

Trimester Kedua

Jika selama senam Anda sering mengalami kesulitan untuk bernafas serta susah berbicara di maka jadi tanda jika Anda sudah terlalu lelah serta wajib segera beristirahat. Senam aerobic jenis low impact biasanya dilakukan dengan alunan musik sehingga Anda bisa ikut bernyanyi sambil senam. Anda perlu menyiapkan sebotol air minum agar bisa mencegah dehidrasi yang  mana dapat menimbulkan rasa pusing serta lemas. 

Trimester Ketiga

Memasuki trimester terakhir pada kehamilan, perut akan membesar jadi tak bisa terlalu banyak melakukan gerakan yang sulit. Ibu pun wajib menghindari beberapa gerakan senam hamil yang mana dapat menimbulkan hilangnya keseimbangan misalnya saja berputar pada tempat menggunakan tempo cepat.  Anda tidak perlu memaksakan untuk senam terus.

Jika di tengah senam hamil Anda merasakan beberapa gejala seperti mual, pusing, terasa ada cairan yang mana keluar dari vagina dan penglihatan menjadi kabur segera istirahat dan senam aerobic low impact.

Mengenai amankah ibu hamil senam aerobik jika dokter memberikan jawaban yang pasti aman mengenai kondisi Anda dan juga hamil maka Anda bisa melakukannya dengan gerakan yang ringan saja. Jangan pernah mencoba melakukannya jika belum berkonsultasi dengan dokter kandungan agar risiko kehamilan bisa diminimalisir.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Senam Aerobik"