Amankah Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil


Bolak-balik ke kamar mandi dikarenakan sering pipis ketika masa hamil memang bikin repot. Apalagi ditambah dengan kondisi tubuh sedang berbadan dua. Kadang hal ini juga menjadikan rasa khawatir bagi beberapa ibu hamil mengenai amankah ibu hamil sering buang air kecil meskipun hal tersebut jadi hal normal. Berikut ada beberapa tips mengatasinya.

Penyebab Sering Pipis saat Hamil

Ada beberapa jenis kondisi yang menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil. Salah satunya kondisi tersebut yakni perubahan hormon yang mana terjadi selama masa kehamilan. Perubahan hormon satu ini menjadikan aliran darah serta cairan pada ginjal jadi lebih cepat, sehingga menjadikan Anda ibu hamil sering pipis.

Baca juga: Amankah Ibu Hamil Smoothing Rambut

Selain itu, pertumbuhan dari janin di dalam kandungan juga bisa menekan kandung kemih. Kondisi seperti ini tentunya juga akan jadi salah satu penyebab ibu hamil mengalami sering buang air kecil.

Menurut dr. Merry Dame Cristy Pane pada artikel di situs alodokter.com (2019). Meskipun sering pipis pada saat hamil menjadi sebuah kondisi yang mana sangat umum terjadi, Ibu hamil sebaiknya tetap harus waspada. Di dalam beberapa kasus, kondisi sering buang air kecil dapat menjadikan gejala diabetes maupun infeksi saluran kemih (ISK).

Trik Mudah Mengatasi Sering Pipis saat Hamil

Ketika Anda mengalami sering melakukan buang air kecil, Ibu hamil tidak perlu merasa resah. Pasalnya ada trik mudah yang mana dapat dilakukan agar Anda dapat segera mengatasinya terlebih dulu sebelum datang ke dokter, berikut beberapa di antaranya:

  • Kurangi minum pada waktu sebelum tidur agar dapat mengurangi frekuensi dari berkemih saat malam hari. Namun Anda juga harus tetap cukupi kebutuhan cairan pada siang hari sebagai cara mencegah
  • Hindari konsumsi dari minuman berkafein, misalnya saja teh, kopi, dan juga minuman soda, sebab jenis minuman tersebut bisa meningkatkan frekuensi dari berkemih
  • Condongkan tubuh agak ke arah depan ketika buang air kecil. Cara ini nantinya akan membantu kandung kemih Ibu hamil benar-benar kosong
  • Lakukan senam Kegel agar bisa melatih serta menguatkan otot panggul. Latihan satu ini bisa membantu Anda mengontrol kandung kemih serta mengurangi frekuensi untuk buang air kecil.


Jika Anda masih khawatir mengenai amankah ibu hamil sering buang air kecil dan keluhan sering buang air kecil masih dirasakan sebaiknya segera periksa ke dokter. Dokter nantinya akan memberikan penanganan yang tepat dan sesuai serta aman bagi ibu hamil.

Tidak ada komentar untuk "Amankah Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil"