6 Penyebab Hipertensi dan Cara Mengatasinya


Hipertensi atau yang dikenal sebagai tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah lebih dari angka 130/80 mmhg. Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi tubuh, dimana jantung dipaksa memompa darah lebih keras, dan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti gagal jantung, stroke dan gagal ginjal. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui penyebab hipertensi serta cara mengatasinya.

 6 Faktor Penyebab Hipertensi

Penyakit hipertensi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer tidak dapat diketahui penyebabnya secara pasti sedangkan hipertensi sekunder adalah kondisi yang disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti penyakit kelenjar tiroid, kehamilan, penyakit ginjal, kecanduan alkohol dan sebagainya. Berikut ini merupakan 6 faktor yang menyebabkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, yaitu:

1. Faktor Usia

Pertambahan usia menjadi faktor umum penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi, di mana semakin tidak usianya, maka semakin tinggi pula risiko terkena penyakit hipertensi. Biasanya hipertensi pada laki-laki akan muncul ketika mereka berusia 40 tahun, sedangkan perempuan terkena hipertensi sekitar 65 tahun.

2. Keturunan

Faktor keturunan juga bisa menyebabkan hipertensi. Sehingga apabila ada salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat darah tinggi, maka keturunannya rentan terkena penyakit hipertensi pula.

3. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan risiko terkena hipertensi. Karena ketika berat badan berlebih makan nutrisi serta oksigen yang dialirkan ke dalam sel pembuluh darah juga akan meningkat. Hal tersebutlah yang menyebabkan tekanan pada pembuluh darah serta jantung.

4. Kelebihan atau Kekurangan Kalium

Faktor penyebab hipertensi selanjutnya yaitu terlalu banyak mengonsumsi garam atau kekurangan makanan yang mengandung kalium. Hal tersebut dapat meningkatkan natrium dalam darah, sehingga cairan tertahan dan tekanan pembuluh darah meningkat tinggi.

5. Kurang Aktivitas Fisik dan Olahraga

Ternyata aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan denyut jantung meningkat dan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Untuk mengatasinya Anda bisa mengurangi aktivitas fisik atau berolahraga. Meskipun begitu, bukan berarti Anda dapat meninggalkan olahraga, karena hal tersebut membuat tubuh lemas dan terkena risiko obesitas.

6. Merokok

Merokok memang tidak baik bagi kesehatan tubuh dan dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya adalah hipertensi atau darah tinggi. Hal ini dikarenakan rokok memiliki kandungan zat kimia berbahaya yang dapat menyempitkan pembuluh darah. Sehingga dampaknya pada tekanan jantung dan pembuluh darah yang semakin meningkat tinggi.

Cara Mengatasi Hipertensi

Jika Anda memiliki penyakit hipertensi atau darah tinggi, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di Klinik Mayapada Tower 2 Sudirman guna mencegah komplikasi dari penyakit hepatitis. Adapun berikut ini merupakan cara mengatasi hipertensi yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Rajin mengkonsumsi makanan bernutrisi
  • Kurangi garam
  • Berolahraga secukupnya dengan rutin
  • Berhenti atau tidak merokok
  • Jangan mengkonsumsi alkohol
  • Hindari stres
  • Kontrol tekanan darah selalu

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, Anda bisa mencari informasinya di website atau aplikasi halodoc. Ada banyak informasi mengenai kesehatan yang dapat anda ketahui di website atau aplikasi halodoc, bahkan Anda juga bisa menggunakan fitur keren seperti bertanya atau berkonsultasi dengan dokter di halodoc, mencari rumah sakit terbaik serta mendapatkan obat yang dibutuhkan.

Itulah 6 penyebab hipertensi beserta cara mengatasinya. Tentunya penyakit ini harus segera diatasi jika tidak ingin terjadi komplikasi lebih lanjut.

Tidak ada komentar untuk "6 Penyebab Hipertensi dan Cara Mengatasinya"